Melinda’s Gallery adalah sebuah gallery
furniture yang berada di dearah Jakarta Barat. Melinda’s Gallery menjual
berbagai macam furniture dengan sistem “made to order”. Di dalam Gallery hanya
tersedia beberapa furniture sebagai contoh atau referensi bagi pembeli. Dengan
perkembangan bisnis dan permintaan pasar yang semakin kompleks, Melinda’s
Gallery mengingikan semua transaksi yang dimiliki terorganisir dengan rapi.
Oleh karena itu, Melinda’s Gallery bekerja sama dengan Ant Consultant untuk
merancang sebuah sistem informasi yang dapat menjadi keunggulan bisnis dari
Melinda’s Gallery. Anda sebagai salah seorang karyawan Ant Consultant
ditugaskan untuk membantu Melinda’s Gallery.
Berdasarkan
hasil wawancara dengan Melinda’s Gallery berikut adalah cakupan dari system
yang akan dibuat :
Bagi
Anda yang berminat untuk memiliki furniture hasil karya Melinda’s Gallery dapat
datang langsung ke Gallery. Furniture Assistant dari Melinda’s Gallery akan
membantu Anda dalam menentukan furniture yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Furniture Assistant akan mulai menanyakan mengenai kebutuhan Anda dan
menyarakan beberapa Furniture yang sesuai. Jika calon pelanggan memutuskan
untuk memesan furniture dari Melinda’s Gallery maka Furniture Assistant akan
mencatat pesanan pelanggan ke dalam Form
Pemesanan. Namun karena banyak informasi yang harus dicantumkan maka dalam
satu Form Pemesanan hanya akan berisi satu furniture saja. Beberapa informasi
yang akan dicatat di dalam Form Pemesanan adalah nama pelanggan, alamat
pelanggan, no telepon pelanggan, tanggal perkiraan furniture akan selesai,
spesifikasi furniture yang dipesan, bahan baku utama dari furniture, jumlah
pemesanan, gambar furniture yang dipesan, dan harga furniture.
Pelanggan
juga diwajibkan untuk melakukan pembayaran 50% dari total harga pemesanandi kasir. Untuk memudahkan proses pembayaran,
Melinda’s Gallery mengijinkan melakukan pembayaran untuk beberapa Form
Pemesanan sekaligus. Setelah pembayaran diterima , proses pemesanan akan
dilajutkan ke bagian Workshop. Bagian Workshop bertanggung jawab untuk
melakukan proses produksi hingga
quality assuranceuntuk
pemesanan furniture.
Kepala Workshop akan mengecek pesanan yang masuk dan
menghitung bahan baku yang diperlukan untuk setiap pemesanan ke dalam Catatan Bahan Baku. Catatan Bahan Baku
ini mencatat informasi seperti no pesanan, bahan baku yang diperlukan, dan
kuantitas bahan baku yang diperlukan. Bagian gudang akan mengeluarkan Bahan
Baku berdasarkan Catatan Bahan Baku yang didapatkan dari Bagian Workshop.
Bagian Gudang dapat menggabungkan beberapa Catatan Bahan Baku untuk diproses
pengeluaran bahan bakunya. Bagian gudang akan mencatat Bahan Baku yang keluar
ke dalam Surat Keluar Bahan Baku.
Setelah
semua bahan baku yang diperlukan sampai di Workshop, pengrajin akan mulai
membuat furniture pesanan pelanggan. Setelah Furniture selesai, pengrajin akan
melaporkan kepada Kepala Workshop. Kepala Workshop akan mengecek produk
furniture yang dihasilkan oleh pengrajin. Jika telah sesuai dengan spesifikasi
yang tertera pada Form
Pemesanan maka Kepala Workshop akan
membuat Surat Penyelesaian Pekerjaandan
akan diberikan kepada Furniture
Assistant. Surat ini berisi
mengenai tanggal penyelesaian furniture dan
pengrajin yang mengerjakan.
Setelah
Furniture Assistant menerima Surat Penyelesaian Pekerjaan, Furniture Assistant
akan menghubungi pelanggan dan menginformasikan bahwa Furniture telah selesai
serta meminta pelanggan untuk melakukan pelunasan pembayaran. Setelah
Pembayaran pesanan lunas, Furniture Assistant akan menginformasikan kepada
Bagian Pengiriman untuk melakukan pengiriman barang. Setiap barang yang dikirim
akan disertakan dengan Surat Jalan.
Setiap
bulan Kepala Workshop akan membuat laporan mengenai kinerja masing-masing
pengrajin berdasarkan jumlah furniture yang diselesaikan oleh pengrajin.
Manajer Gallery akan membuat laporan mengenai kinerja penjualan dari setiap
Assistant Furniture. Hasil dari laporan ini akan digunakan sebagai bahan untuk
evaluasi baik Assistant Furniture maupun Pengrajin.
Karena
lokasi baik Gallery, workshop, dan gudang bahan baku yang dimiliki oleh
Melinda’s Gallery berbeda maka pemiliki Melinda’s Gallery menginginkan sistem
informasi yang berbasis website. Kecepatan proses informasi juga menjadi hal
utama bagi Melinda’s Gallery. Karena karyawan Melinda’s Gallery rata-rata
berpendidikan SMA, maka pemiliki juga menginginkans sistem informasi yang
sederhana, mudah dipelajari , serta mudah digunakan oleh karyawan Melinda’s
Gallery.
Berdasarkan narasi diatas Anda
diminta untuk membuat :
1.
Tentukanlah
Functional dan Non Functional Requirement dari Melinda’s Gallery
2.
Tentukanlah
Stakeholders dari sistem informasi yang akan digunakan oleh Melinda’s Gallery
3.
Berdasarkan
narasi di atas buatlah Activity Diagram untuk proses bisnis yang berjalan di
Melinda’s Gallery
Jawaban :
1.
Functional
dan Non Functional Requirement dari Melinda’s Gallery.
Functional
Requirement dari Melinda’s Gallery sebagai berikut :
-
Adanya form pemesanan sistem sebagai sarana mencatat pesanan pelanggan yang berisi nama pelanggan, alamat pelanggan, no telepon pelanggan, tanggal perkiraan
furniture akan selesai, spesifikasi furniture yang dipesan, bahan baku utama
dari furniture, jumlah pemesanan, gambar furniture yang dipesan, dan harga
furniture.
-
Adanya mekanisme
pembayaran untuk pelanggan melakukan pembayaran untuk beberapa form pemesanan
sekaligus. Dan pembayaran untuk
pesanan harus 50 %.
-
Bagian workshop bisa membuat
catatan bahan baku untuk memesan bahan –bahan
yang berisi no pesanan, bahan baku yang diperlukan, dan kuantitas bahan baku
yang diperlukan.
-
Bagian gudang dapat
menerima pesanan dari bagian workshop kemudian mengeluarkan barang - barang
sesuai dengan yang dipesan dan dibuatkan surat
keluar bahan baku.
-
Sistem dapat membuat surat penyelesaian pekerjaan dan akan diberikan kepada
Furniture Assistant sebagai informasi bahwa pesanan sudah
selesai dibuat.
-
Pelanggan mendapat
notifikasi jika pesanannya sudah selesai dibuat agar dia dapat menyelsaikan
sisa pembayaran.
-
Membuat surat jalan untuk
bagian pengiriman agar barang agar dapat segera dikirim.
-
Adanya laporan hasil
kinerja yang nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi
Non Functional Requirement dari Melinda’s Gallery
-
Sistem pemesanan yang
mudah diakses dan informasi yang jelas akan produk.
-
Dapat menghendle banyak pesanan sekaligus.
-
Bahan
baku pembuatan furniture sesuai dengan yang diinginkan oleh pelanggan.
-
Hasil dari pesanan sesuai
dengan apa yang dipesan.
-
Sistem yang mudah
digunakan.
2. Stakeholders
dari Melinda’s Gallery adalah
-
User :
Pelanggan dari Melinda’s Gallery dan karyawan Melinda’s Gallery
-
Clients : Pemilih Melinda’s Gallery
-
Technical staff : system
analyst, system designer, developer, dll dari Ant Consultant.
3.
No comments:
Post a Comment