Prosedur untuk pelaksanaan uji fungsional:
- Login sesuai dengan fungsional user.
- Lakukan langkah-langkah sesuai dengan skenario yang telah disediakan.
- Jika hasil uji tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan, atau akan memberikan komentar, klarifikasi, atau permintaan maka masukkan informasi tersebut pada bagian Laporan Catatan Pengujian.
- Lengkapi semua status, tanggal uji dari skenario yang dilakukan.
- Beri paraf/tanda tangan berikut nama dari setiap skenario yang dilakukan pada tempat yang telah disediakan.
- Terdapat beberapa prosedur dalam melakukan tes fungsi suatu aplikasi. Beberapa validasi yang perlu dicermati pada saat melakukan test adalah sebagai berikut :
No.
|
Item
|
Keterangan
|
|||||||||||||||||||||
1
|
Validasi Input
|
Input data
sesuai dengan tipe data yang ditentukan. Terdapat beberapa contoh validasi
yang diperbolehkan pada suatu field yaitu
sebagai berikut :
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
Field Lenght
|
Input data
sesuai dengan lenght pada sebuah field.
Contoh : Nomer
Handphone dapat menginputkan angka sepanjang 13 digit.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
Font and Size
|
Penggunaan font
dan font size harus seragam.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
Form
|
Form memiliki
panjang dan lebar yang proposional sesuai dengan kegunaan .
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
Labeling Column
|
Pastikan
terdapat label pada setiap kolom.
|
|||||||||||||||||||||
6.
|
Mandatory Field
|
Pastikan field
yang harus diisi mempunyai tanda (*), dan jika pada saat pengisian tidak diisi akan menampilkan notifikasi.
|
|||||||||||||||||||||
7.
|
List Suggestion
|
Daftar yang
ditampilkan yang memiliki kemiripan tulisan dengan tulisan yang diketikan pada
kolom.
|
|||||||||||||||||||||
8
|
Go-Up
|
Pastikan Jumlah
pada level sebelum dan sesudah sama.
|
|||||||||||||||||||||
9
|
Short Cut
|
Pastikan
Shortcut pada setiap button berfungsi(jika ada)
|
Prosedur untuk pelaksanaan uji terima Reporting:
Aplikasi memungkinkan user untuk dapat melihat laporan untuk berbagai level fungsi user. Skenario uji terima dibuat untuk memastikan bahwa reporting dapat diakses dan berfungsi dengan benar sesuai dengan akses level dari user.
- Login sesuai dengan fungsional user.
- Lakukan langkah-langkah sesuai dengan skenario yang telah disediakan.
- Jika hasil uji tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan, atau akan memberikan komentar, klarifikasi, atau permintaan maka masukkan informasi tersebut pada bagian Laporan Catatan Pengujian.
- Lengkapi semua status, tanggal uji dari skenario yang dilakukan.
- Beri paraf/tanda tangan berikut nama dari setiap skenario yang dilakukan pada tempat yang telah disediakan.
Laporan Catatan Pengujian merupakan bagian dari pengujian yang ditempatkan pada bagian akhir setiap skenario. Laporan Catatan Pengujian berisi informasi temuan, komentar, klarifikasi atau permintaan dari user pada saat pelaksanaan uji terima.
User dapat mengisi informasi pada Form ini terkait temuan bugs aplikasi, memberikan komentar, klarifikasi atau memasukkan permintaan baru dari sebuah menu/modul yang sedang diujikan.
Berikut kita langsung masuk kepengujian aplikasi, dalam pengujian aplikasi ada 2 yang harus kita perhatikan yaitu fungsionalitas dan report dari aplikasi.
Pengujian Fungsional Parameter Setting
Menu yang masuk dalam kategori Parameter setting adalah menu-menu yang nantinya akan digunakan oleh administrator/group tertentu untuk mengatur konfigurasi yang akan digunakan oleh aplikasi. Hak akses untuk menu-menu dalam kategori paramater lebih baik diberikan pada group tertentu agar lebih terkontrol.
Group :
|
1. Administrator
2. Group
|
Environment :
|
Jenis Aplikasi
|
No
|
Item
|
Hasil yang
diharapkan
|
Status
(OK/NOK)
|
1.
|
Nama
label, title menu
|
Perhatikan
penamaan label, title menu. Pastikan sudah sesuai dan cukup informatif untuk
user
|
|
|
|
Proporsional
tampilan
|
|
2.
|
Validasi
inputan
|
Validasi mengacu pada tabel sebelumnya
|
|
3.
|
Validasi
dropdown inputan
|
Pastikan
list/daftar pada dropdown sesuai dengan wewenang user yang login. Pada setiap
menu dropdown bisa berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan inputan pada menu
|
|
4.
|
Validasi simpan data
|
Pastikan field mandatory harus sudah terisi
semua
|
|
|
|
Pastikan notifikasi sukses/gagal bisa
ditampilkan dan dengan informasi yang dapat dipahami oleh user
|
|
5.
|
Simpan data
|
Data dapat disimpan dan tersimpan dengan benar
pada Database
|
|
|
|
Jika terdapat report yang berelasi, pastikan
data bisa muncul dan sesuai
|
|
6.
|
Ubah data
|
Data bisa dilakukan perubahan dan dapat disimpan
|
|
|
|
Jika terdapat report yang berelasi, pastikan
data bisa muncul dan sesuai
|
|
7.
|
Pemahaman tentang menu
|
Tester harus memahami dan mengerti akan
kegunanaan dari menu yang ditest agar tujuan dari pembuatan menu tersebut
dapat tercapai
|
|
Catatan pada masa
acceptance test:
No
|
Item
Catatan
|
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
Outcome (Passed/Failed/Unable to test)
|
|
Penujian Fungsional Report
Report/laporan adalah menu yang menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh user dalam melakukan monitoring, tracking dan analisis. Report dapat diberikan pada semua group user dengan level yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari user. User hanya bisa melihat data sesuai dengan wewenang dari group user tersebut.
Group :
|
1. Administrator
2. Group
|
Environment :
|
Jenis Aplikasi
|
No
|
Item
|
Hasil yang
diharapkan
|
Status
(OK/NOK)
|
1.
|
Validasi
dropdown pilihan pada parameter (setting parameter) report
|
Pastikan
list/daftar pada dropdown sesuai dengan wewenang user yang login. Pada setiap
menu dropdown bisa berbeda-beda, contoh beberapa dropdown yang terdapat pada
menu, sesuai dengan inputan pada menu
|
|
|
|
Validasi
rentang tanggal. Pastikan rentang tanggal yang sudah dibuat sesuai untuk
report tsb, ini berkaitan dengan performansi query report
|
|
2.
|
Nama
label, title menu
|
Perhatikan
penamaan label, title menu. Pastikan sudah sesuai dan cukup informatif untuk
user
|
|
|
|
Proporsional
tampilan
|
|
3.
|
Verifikasi data report
|
Pastikan data yang ditampilkan pada report
sesuai dengan setting parameter yang sudah diset
sebelumnya
|
|
|
|
Untuk report yang menggunakan data dummy,
buatlah data dummy yang beragam baik untuk produk, transaksi, nominal dan
area untuk menghasilkan hasil test yang lebih komprehensif
|
|
4.
|
Simpan data report
|
Data report dapat disimpan dalam bentuk pdf (sesuai kebutuhan) dengan fitur Cetak Dokumen
|
|
|
|
Data report dapat disimpan dalam bentuk excel
dengan fitur Download Excel(sesuai
kebutuhan). Pastikan data
yang di download sesuai dengan tampilan saat report di download
|
|
5.
|
Cek report dengan berbagai macam group login
|
Untuk memastikan report yang ditampilkan sesuai
dengan wewenang user login, lakukan login dengan berbagai macam level user.
|
|
6.
|
Pemahaman tentang menu
|
Tester harus memahami dan mengerti akan
kegunanaan dari menu yang ditest agar tujuan dari pembuatan menu tersebut
dapat tercapai
|
|
Catatan pada masa
acceptance test:
No
|
Item
Catatan
|
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
Outcome (Passed/Failed/Unable to test)
|
|
Demikian prosedur pengujian aplikasinya semoga membantu untuk teman-teman.
S.Maro.H
No comments:
Post a Comment